Rumus Lingkaran: Cara Menghitung Diameter Lingkaran

Rumus Cara Menghitung Diameter Lingkaran-Rumus Lingkaran Cara menghitung diameter lingkaran pada dasarnya cukup mudah. Syaratnya, kita harus mengetahui panjang jari – jari lingkaran, atau keliling lingkaran, atau malah luas lingkaran yang ingin dihitung panjang diameternya.

Jika ke tiga data tersebut tidak kita ketahui, maka perhitungan panjang diameter lingkaran akan menjadi sulit untuk dilakukan.

Jika dibakukan, maka rumus diameter lingkaran dapat dibagi menjadi tiga rumus, yaitu bergantung pada data yang diketahui.

nah pada kesempatan ini kami akan coba berikan penjelasan mengenai bagiamana cara menghitung rumus matematika terutama rumus lingkaran, bagaimana cara menghitung lingkaran dan mengetahui volume dari sebuah lingkara seprti bola atau benda berbentuk bundar lainnya.

mungkin anda sebagai pelajar SMP atau SMA masih kebingungan mengenai materi matematika yang diajarkan di kelas entah karena kurang konsentrasi atau memang pola pengajaran yang kurang cocok dengan anda. nah mungkin postingan kali ini bisa bermanfaat untuk anda, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Jika data yang diketahui adalah data jari – jari lingkaran, maka rumus diameter lingkaran adalah 2 X r (dua kali jari – jari lingkaran). Jika data yang diketahui adalah keliling lingkaran, maka rumus diameter lingkaran adalah K / π (keliling dibagi dengan π). Sedangkan jika data yang diketahui adalah luas lingkaran, maka rumus diameter lingkaran adalah 2 X (√L/π) (dua kali akar Luas dibagi π).

 

Contohnya, jika diketahui jari – jari sebuah lingkaran adalah 5 cm, maka berapakah panjang diameternya?

Jawab :

d = 2 X r

d = 2 X 5 = 10 cm

Contoh 2

Jika diketahui keliling lingkaran adalah 10 cm, maka berapakah panjang diameter lingkaran tersebut?

Jawab

d = k / π

d = 10 / 3.14

d = 6,37 cm

Nah, itulah sedikit informasi terkait rumus lingkaran yaitu cara menghitung diameter lingkaran yang dapat kami bagikan kepada Anda. jangan lupa untuk share postingan ini keteman anda di sosial media. dan jangan lupa untuk tetap kunjungi web kami agar tetap mendapatkan update konten rumus matematika terbaru.

Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!