Definisi Launching Produk

launching atau pameran produk

Definisi launching produk merupakan suatu acara yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan juga menginformasikan suatu produk baru yang akan dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Biasanya, launching produk ini berupa kegiatan yang menunjukkan sesuatu kepada orang banyak mengenai kelebihan dan keunggulan yang dimiliki produk tersebut.

Dalam launching produk, poin paling penting adalah menginformasikan keuntungan atau kelebihan produk kepada konsumen yang hadir pada kegiatan tersebut. Dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat, strategi promosi tentang produk yang terkait menjadi pendukung utama sebagai daya tarik terhadap konsumen.

Pameran yang dilakukan biasanya berbentuk suatu program kegiatan yang dapat memperkenalkan produk ataupun jasa perusahaan kepada masyarakat luas, sehingga pameran dapat dijadikan sebagai ajang promosi produk dan jasa perusahaan. Adanya peranan suatu acara pameran ialah sebagai sarana kegiatan promosi produk sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat atau pengunjung yang ikut serta dalam pameran secara langsung.

Untuk dapat memamerkan produk ataupun jasa suatu perusahaan, biasanya pameran dilakukan dengan cara menyewa stand atau tempat dan dihiasi dengan dekorasi semenarik mungkin agar pengunjung yang datang mau melihat dari dekat produk atau jasa perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan dengan harapan agar pengunjung lebih mengenal dan kemudian mau mencoba bahkan sampai menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut.

Keefektifan sebuah pameran dapat dilihat dari sisi perannya yang mana sebagai tempat launching produk untuk perantara komunikasi kepada publik agar dapat menyaksikan peragaan proses benda tertentu, dapat bertanya sepuas hatinya, bahkan untuk mencoba produk yang dipamerkan tersebut secara langsung.

Kegiatan launching produk baru semakin populer seiring dengan terjadinya pergeseran trend pemasaran yang lebih cenderung ke arah community marketing. Sehingga, perusahaan membutuhkan suatu acara untuk diselenggarakan sebagai media interaksi secara langsung dengan komunitasnya kepada publik. Dengan kepiawaian pihak-pihak penyelenggara acara organizer sebuah acara yang awalnya terlihat biasa saja, saat ini telah diolah menjadi tontonan yang sangat menyenangkan dan juga menghibur masyarakat luas.

Info selengkapnya klik www.arhanorganizer.com