Cara Mengajak Anak Suka Membaca Buku

Harus diakui, membaca adalah kebiasaan yang harus kita tanamkan pada anak-anak sejak kecil. Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia menjadi alasan utama mengapa membiasakan gemar membaca sejak dini perlu digalakkan. Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara mengajak anak suka membaca buku yang bisa kita coba untuk terapkan.

  1. Biasakan dengan Buku

Usia balita adalah saat terpenting bagi orang tua untuk membiasakan anak mereka dengan buku. Pada zaman teknologi yang semakin berkembang sekarang, banyak orang tua yang justru memilih untuk menghibur balita mereka menggunakan gadget atau alat teknologi lain. Hal ini sebaiknya dihindari selagi masih dini.

Jika kelewatan, bukan tak mungkin balita akan kecanduan gadget dan akan rewel jika tidak dituruti. Maka dari itu, gunakanalah buku sebagai sarana untuk mendekati balita. Dengan demikian, mereka akan terbiasa dengan buku sejak dini.

  1. Minimalisir Penggunaan Alat Elektronik

Selain gadget, ponsel maupun laptop, orang tua juga perlu meminimalisir atau bahkan menghindarkan anak-anak dari TV. Seperti yang kita semua tahu, dewasa ini makin banyak program-program di TV yang semakin tidak mendidik dan tak bermanfaat bagi anak-anak.

Hal ini bisa diganti dengan orang tua yang rajin membacakan dongeng atau buku bagi anak mereka sebelum tidur. Jika setiap malam dibiasakan dengan buku, jangan heran jika anak-anak kita akan meminta kita untuk membelikan buku ketika mereka tumbuh dewasa, bukan barang-barang yang lain.

  1. Memberi Contoh yang Baik

Selain kedua cara di atas, cara mengajak anak suka membaca buku lain yang efektif adalah dengan memberi contoh yang baik. Artinya, jika kita ingin anak-anak kita agar suka membaca, kita juga harus memulainya dari diri kita dan luangkanlah waktu lebih banyak dengan buku ketika sedang bersama anak. Ingatlah bahwa buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia tentu harus menjadi perhatian bagi para orang tua, khususnya bagi mereka yang masih mengasuh balita. Membiasakan anak agar suka membaca sejak dini menjadi hal yang wajib digalakkan bersama guna membantu menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia.