Buku Macam-Macam Evolusi Teori Keuangan

EVOLUSI TEORI KEUANGAN

  • Perfect capital Market

Secara umum pasar modal yang sempurna memiliki karakteristik sevagai berikut: 1. tidak adanya biaya transaksi atau admin fee, 2) tidak ada pajak yang dipungut, 3) ada beberapa banyak penjual dan pembeli, 4) ada keterampilan akses yang sama persis ke pasar modal, 5) tidak ada cost tambahan untuk mendapatkan  informasi, 6) setiap orang memiliki harapan keuntungan yang setara, 7) tidak adanya biaya yang berkaitan dengan hal kesulitan keuangan.

  • Discounted Cash Flow

Teori evolusi keuangan ini dikembangkan oleh Johnn Burr Williams dan Myron J. Gordon. Konsep dasar dari teori evolusi keuangan ini adalah pada nilai waktu tukar uang.

  • Capital Structur Theory

Teori evolusi keuangan ini dikembangankan oleh 2 orang yaitu Merton Miller dan Franco Modiglani pada  tahun 1958 atau biasa disebut dengan MM. Teori yang dikembangkan ialah bahwa nilai pokok suatu perusahaan tergantung pada arus penghasilan perusahaan tersebut pada depan (future earning streams) dan oleh sebab itu tidak tergantung pada struktur modal atau capital. Teori MM ini  pertama ini mendefinisikan pada pasar modal sempurna dan tidak akan ada pajak, sehingga sering disebut model teori MM Tanpa Pajak.

Sekitar tahun 1963 model ini telah disempurnakan dan mengalami evolusi/perubahan dengan model MM Dengan tambahan Pajak yang harus dikeluarkan perusahaan. Dengan adanya pajak penghasilan, hutang dapat menghemat pajak yang harus dibayarkan. Tetapi MM teori ini lupa akan bahwa hutang yang besar dapat mengakibatkan financial distress. Karena ada banyak kelemahan ini kemudian model teori keuangan MM ini diperbaiki yang sering disebut sebagai tax saving-financial cost trade off theory.

  • Dividend Theory

Teori keuangan ini juga dikembangkan oleh 2 orang yaitu Modiglani dan Miller, bahwa kebijakan keuangan dividen tidak mempengaruhi nilai pokok perusahaan, karena setiap rupiah pembayaran yang harus dibayarkan dividen akan mengurangi laba ditahan yg  digunakan untuk membeli aktiva objek baru.

  • Teori Portfolio dan Capital Asset Pricing Model

Teori Portfolio model teori ini dikembangkan oleh Harry Markowitz pada tahun 1990 dan mendapat hadiah nobel dunia. Pelajaran utama dari teori  ini adalah bahwa resiko keuangan/finansial dapat dikurangi dengan cara mengkombinasikan beberapa jenis-jenis aktiva berisiko daripada hanya memegang salah satu jenis aktiva saja.