5 Fakta Tentang Penerbitan Itu Bisa Mengubah Karir Menulis Anda

Saya mendengar orang-orang mengatakan kepada saya sepanjang waktu mereka ingin menulis buku. Tetapi ingin dan melakukan tidak sama, bukan? Sudah waktunya untuk membuang mitos tentang penerbitan buku dan mulai menghadapi fakta. Jika Anda salah satu dari delapan di antara 10 orang yang bermimpi menulis buku, ini mungkin mengubah segalanya untuk Anda.

Bagaimana jika semua yang Anda dengar salah?
Kami semua telah mendengar dongeng dan legenda urban tentang apa yang diperlukan untuk mendapatkan kontrak buku atau mencapai daftar penjual terbaik. Kami telah mengalami formula kecil konyol dan hype tentang bagaimana cara beralih dari status “penulis” menjadi pencipta.

Dan kita semua telah ditipu.

Saya tidak di sini untuk memberi tahu Anda semua yang Anda ketahui tentang penerbitan itu salah. Tetapi saya dapat memberi tahu Anda selama lima tahun, saya percaya banyak kebohongan yang membuat karier menulis saya berhenti. Inilah yang saya yakini:

“Aku bisa melakukan ini sendiri.”
“Yang dibutuhkan hanyalah pesan yang bagus.”
“Setelah saya mendapatkan kontrak, penerbit akan melakukan semua pekerjaan.”
“Perhatian media = penjual terbaik.”
“Begitu saya diterbitkan, saya siap.”
Ternyata, tidak ada yang benar. Dan untuk waktu yang lama, saya menolak mengakui ini, karena saya takut melakukan pekerjaan itu. Tetapi ketika akhirnya saya menyerah pada kebenaran, itu membebaskan saya.

Mungkin itu juga untukmu.

Fakta # 1: Anda membutuhkan agen
Jika Anda ingin menerbitkan buku melalui penerbit tradisional, Anda akan membutuhkan agen sastra. Tentu, Anda dapat mulai melempar proposal atau naskah Anda sendiri, tetapi faktanya adalah penulis dengan agen cenderung lebih serius dan mendapatkan kemajuan yang lebih tinggi.

Sebaiknya Anda menyewa agen. Anda tidak membayar orang ini sampai Anda benar-benar ditandatangani (seperti bagaimana agen real estat bekerja), jadi itu adalah keuntungan Anda untuk mendapatkannya.

Fakta # 2: Setiap orang membutuhkan platform
Dalam kasus karya nonfiksi, platform Anda sering berupa blog atau sejenis platform pengiriman konten, seperti acara radio atau podcast. Itu bahkan bisa menjadi jadwal berbicara Anda.

Untuk novelis potensial dan sejenisnya, itu adalah tubuh kerja Anda. Yang dapat berarti blog, tetapi lebih sering itu adalah sesuatu yang sudah Anda publikasikan. Seperti cerita pendek di jurnal atau majalah sastra. Atau buku yang diterbitkan sendiri sebelumnya. Bahkan bisa jadi daftar buletin Anda.

Fakta # 3: Penerbit tidak akan melakukan semua pekerjaan
Seorang teman yang telah mempublikasikan selama puluhan tahun memberi tahu saya ini ketika saya mendapat kesepakatan buku pertama saya:

Asumsikan bahwa penerbit tidak akan melakukan pekerjaan apa pun untuk mempromosikan buku Anda, bahwa semuanya terserah Anda. Dan jika karena alasan tertentu, mereka melakukan sesuatu untuk membantu Anda, maka itu adalah bonus tambahan. Tetapi jangan pernah mengharapkannya.

Penerbitan adalah kapitalisme ventura.

Ini berarti bahwa penerbit menempatkan semua uang, mengambil risiko keuangan. Dan Anda adalah investasi. Anda perlu memikirkan semua ide cemerlang dan cara cerdas untuk menyebarkan ide atau cerita Anda. Mereka hanya bank.

Fakta # 4: Publisitas tidak menjual buku
Mendapatkan The Today Show tidak akan menjual satu juta salinan buku Anda. Tidak akan ada satu ton iklan. Pikirkanlah: Kapan terakhir kali Anda membeli sesuatu hanya karena seseorang di TV membicarakannya? Jika Anda menyukai saya, jawabannya tidak akan pernah.

Jadi apa pun ide lucu yang Anda miliki tentang menulis di hadapan banyak orang, cobalah untuk tidak membelok terlalu jauh dari strategi dasar ini:

  • Mintalah izin.
  • Membangun kepercayaan.
  • Bermurah hatilah.

Jika Anda adalah penulis pertama (atau akan menjadi), hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk buku Anda adalah membuat banyak orang membicarakannya. Bahkan jika itu berarti memberikannya secara gratis. Ini adalah bagaimana Paulo Coelho menjadi penulis terlaris internasional. Itu bisa bekerja.

Fakta # 5: Menerbitkan satu buku tidak akan membuat Anda kaya
Ada kesalahpahaman yang populer bahwa setelah Anda menerbitkan buku, sekarang Anda menjadi penulis tetap dan merupakan masalah esar.

Kepercayaan ini berasal kembali ke masa-masa awal Stephen King dan Michael Crichton ketika penerbitan adalah hewan yang berbeda. Orang-orang itu menulis naskah pertama mereka dan mendapatkan uang muka enam digit … untuk buku pertama mereka! Tidak berfungsi seperti itu lagi. Ada terlalu banyak persediaan, terlalu banyak persaingan. Hari-hari ini, Anda harus menulis beberapa buku sebelum Anda bahkan dapat menyebut tulisan Anda sebagai “karier.” Meskipun itu bisa sulit, karena sebagian besar tarif royalti tidak sehebat itu (8-20%). Itu sebabnya biasanya butuh waktu bertahun-tahun untuk membuat sedikit gaji melalui menulis buku.