15 Manfaat Baca Buku Yang Belum Anda Ketahui

Kapan terakhir kali Anda membaca buku atau artikel majalah yang substansial? Ataukah kebiasaan membaca harian Anda berpusat di Twitter, Facebook, atau jejaring sosial lainnya? Jika Anda termasuk salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur, Anda jelas kehilangan manfaat yang seharusnya Anda dapatkan, karena membaca memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Adapun 15 manfaat dari membaca di antaranya adalah:

  1. Dapat Menstimulasi Mental

Otak adalah salah satu organ tubuh yang membutuhkan latihan untuk tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh lainnya. Dengan membaca buku, otak dapat tetap aktif, sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan benar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca buku dapat menstimulasi mental, bahkan untuk mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

  1. Dapat Mengurangi Stress

Setelah seharian rutin sehari-hari melelahkan, seringkali ini bisa menimbulkan stres. Dengan melakukan kegiatan membaca yang dapat dilakukan selama beberapa menit, perkembangan hormon stres seperti hormon kortisol dapat ditekan. Membaca dapat membuat pikiran lebih rileks, sehingga dapat membantu mengurangi stres hingga 67%.

Selain relaksasi, membaca buku dapat membawa kedamaian batin dan ketenangan yang luar biasa. Membaca dapat menurunkan tekanan darah dan telah menunjukkan bahwa itu membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan. Ini adalah keuntungan dari membaca buku yang banyak orang abaikan, banyak orang berasumsi bahwa membaca buku sebenarnya membuat otak bekerja dan menyebabkan stres, tetapi manfaat membaca buku mengurangi stres .

  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Membaca buku dapat menangkap kepala kita tentang berbagai informasi baru yang belum kita ketahui dan yang mungkin akan berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan kehidupan sekarang dan di masa depan.

Selain itu, sains adalah hal yang sangat berharga yang tidak pernah bisa hilang, bahkan jika kita kehilangan hal-hal lain di dunia ini, seperti properti, benda dan lain-lain. Cerita dan ide dalam sebuah buku yang kita baca dapat membantu kita membuka pikiran kita untuk mengenal dunia lain lebih dari sebelumnya.

  1. Dapat Menambah Kosakata

Semakin Anda melakukan aktivitas membaca buku, semakin banyak kita mendapatkan penjelasan tentang hal-hal yang tidak kita ketahui, dan kita dapat meningkatkan jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini tentu saja dapat membantu kita untuk dapat mengartikulasikan, untuk membantu mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang sederhana dan meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara dengan orang lain.

  1. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori

Membaca buku dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas otak kita selama proses penarikan, hal-hal berbeda yang telah kita baca. Misalnya karakter, latar belakang, ambisi, sejarah atau elemen atau plot berbeda dari setiap alur cerita. Setiap memori dapat membantu memalsukan dan memperkuat jalur otak. Selain itu, kegiatan membaca dapat menstabilkan suasana hati seseorang.

Membaca buku dapat membantu memaksimalkan pelatihan otak, bukan hanya menonton televisi atau mendengarkan radio. Seorang presiden studi Haskins Laboratories, Ken Pugh, mengatakan bahwa kebiasaan membaca dapat merangsang otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

  1. Melatih Ketrampilan untuk Berfikir dan Menganalisa

Keuntungan membaca buku dapat melatih otak untuk berpikir lebih kritis dan menganalisis masalah yang disajikan dalam apa yang kita baca. Kami ingin mendapatkan akses atau cara untuk masuk ke dalam alur cerita dan membantu menyelesaikan cerita. Itu dapat membantu kita mengembangkan karakter kita di masa depan.

  1. Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Saat kita membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Ini akan melatih kita untuk lebih fokus dalam melakukan berbagai kegiatan atau rutinitas sehari-hari.

  1. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik

Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari buku bacaan, kita dapat secara otomatis membantu menciptakan tulisan mereka sendiri dalam bahasa yang sama baiknya atau bahkan lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.

  1. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang

Seseorang yang suka membaca buku telah dilaporkan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang yang tidak suka membaca. Dengan kegiatan membaca buku, kita dapat berbagi pengalaman dengan orang lain tentang hal-hal yang berbeda, yang nantinya dapat kita ambil sebagai pertimbangan penting untuk memutuskan sesuatu.

  1. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial

Kegiatan seperti membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, di mana ia dapat lebih akrab dengan karakteristik, budaya dan kehidupan sosial masyarakat yang berbeda. Sehingga suatu hari dia mengunjungi tempat itu, dia sudah tahu bagaimana harus bersikap untuk menghormati adat istiadat dan budaya mereka.

  1. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, dinyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktunya melakukan aktivitas kreatif atau intelektual, seperti membaca dengan penurunan kognitif, mendapat skor hingga 32% dibandingkan mereka yang tidak membaca di masa depan. Membaca buku dapat membuat otak bekerja lebih efisien dengan mengubah struktur neuropatologi yang berkaitan dengan usia.

  1. Dapat Meningkatkan Empati Seseorang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University, membaca buku dapat meningkatkan kemampuan kita untuk lebih memahami perasaan orang lain. Sehingga bisa meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita.

  1. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, membaca buku dapat membantu seseorang menjadi termotivasi dalam mengatasi berbagai kendala sehingga nantinya dapat membantu mencapai tujuan hidup mereka. Ketika seseorang dapat mengidentifikasi karakter, pengalaman, dan kejadian yang tampak seperti mereka dengan lebih baik, mereka lebih mungkin untuk mengambil tindakan.

  1. Dapat Membantu Kita untuk Terhubung Dengan Dunia Luar

Seorang psikolog dari University of Buffalo menyatakan bahwa ketika seseorang membaca sebuah buku, itu dapat membantunya untuk mengidentifikasi karakter dalam buku yang sedang dia baca. Dia akan mengalami semacam hubungan nyata yang dapat memperkuat rasa inklusi. Dengan kata lain, membaca dapat meningkatkan persahabatan dengan dunia luar.

  1. Dapat Lebih Berhemat

Membaca buku berdampak pada ekonomi. Di mana sebuah buku dapat membaca dapat menghemat uang daripada harus mencari informasi tentang penyedia layanan atau hiburan lain seperti bioskop.

Mungkin itulah artikel tentang 15 Manfaat Baca Buku Yang Belum Anda Ketahui yang bisa kami sampaikan, Semoga bermanfaat.